Tidak Hanya Mansa Musa, Ini Deretan 4 Orang Terkaya Sepanjang Masa

Mungkin Anda sudah pernah mendengar nama Mansa Musa. Pria yang kerap dijuluki sebagai orang terkaya sepanjang masa ini memang tak ada tandingannya. Bagaimana tidak, menurut sejarawan Richard Smith, kekayaan Mansa Musa sebagai raja Afrika Barat hampir tidak bisa ditaksir capaian nominalnya. Pada abad ke-14, Mansa Musa memimpin kerajaan Mali dan berhasil membawa kerajaan itu mencapai kesuksesan besar. Dibawah kepemimpinannya inilah, kerajaan Mali berhasil tumbuh dan memperluas wilayahnya hingga 2.000 mil.

Dengan wilayah yang sangat luas itu, kerajaan tersebut memiliki sumber daya yang luar biasa berupa emas dan garam. Dahulu kala pada abad ke-14, nilai tukar dari emas sendiri sangatlah tinggi. Tak heran bila Mansa Musa dikenal sebagai pria terkaya sepanjang masa. Hampir seluruh hartanya berasal dari emas. Karena ia turut andil dalam perdagangan emas terbesar di dunia pada masa itu.

Tahukah Anda, bahwa tidak hanya Mansa Musa saja yang disebut-sebut sebagai manusia terkaya sepanjang masa? Nah dikutip dari berbagai sumber yang ada, berikut 4 orang terkaya dunia sepanjang masa:

1. Augustus Caesar

Pria yang disebut sebagai orang kedua terkaya setelah Mansa Musa ini, memiliki jumlah kekayaan sebesar US$ 4,6 triliun dolar atau setara Rp 64.400 triliun. Capaian yang fantastis ini diterimanya sebagai hasil jerih payah membangun Romawi menjadi kerajaan termakmur pada masa itu. Dikenal sebagai Raja Romawi terkaya tak membuatnya besar kepala. Ia justru dikenal baik sebagai pribadi yang tegas, santun, dan penyayang oleh para rakyatnya.

Dibawah pemerintahannya, para penduduk Romawi hidup berkecukupan dan bergelimang harta tak terkecuali Augustus. Namun diakhir hayatnya pada abad ke-14 Masehi, kerajaan Romawi mengalami keruntuhan yang diakibatkan oleh raja Tiberius dan diperparah oleh raja Caligula dan Nero.

2. Andrew Carnegie

Mungkin banyak orang yang masih sangat asing dengan nama Andrew Carnegie. Siapa sangka pria Skotlandia yang dulunya bekerja sebagai buruh pabrik ini, berhasil mengangkat status sosialnya menjadi pria terkaya Amerika pada masa itu. Tak hanya kaya, ia juga dijuluki sebagai “Bapak Filantropi” yang pertama didunia. Ia rela menjual Carnegie Steel Corporationnya ke pihak United States Steel Corporation pada tahun 1901.

Hasil dari penjualan aset sebesar US$ 200 triliun dolar atau Rp 2.7 triliun itu digunakannya untuk bersedekah dan membantu sesama umat manusia. Berkat kedermawanannya, Carnegie berhasil memajukan Perpustakaan Umum New York, mendirikan Carnegie Mellon University, menciptakan Carnegie Foundation for Advancement of Teaching hingga membentuk Carnegie Endowment for International Peace di tahun 1910. Sosoknya yang dermawan juga mengingatkan kita akan kisah Mansa Musa yang membawa seluruh rombongan rakyatnya pergi menunaikan ibadah haji.

3. Joseph Stalin

Pria kelahiran 1878 yang merupakan mantan diktator Uni Soviet ini memiliki jumlah kekayaan hingga 9.6% dari angka produk domestik bruto seluruh dunia. Ia juga dijuluki sebagai bapak pengendali ekonomi terbesar dunia. Menurut data OECD, tiga tahun sebelum kematian Stalin pada tahu 1950, kekayaan Uni Soviet mencapai 9,5% dari PDB global. Sehingga dapat dikatakan pada tahun 2014, kekayaan tersebut setara US$ 7,5 triliun atau Rp 100.000 triliun. Meski uang itu adalah milik Uni Soviet, namun mengingat kekuasaan Stalin pada masa itu sangat besar, sehingga dapat dikatakan apapun keinginannya pasti terkabul dan ia juga menguasai seperenam permukaan bumi.

4. Akbar I

Posisi terakhir yang menempati deretan orang terkaya sepanjang masa adalah Akbar I. Pria kelahiran India 1542 ini merupakan raja dari Dinasti Mughal yang menguasai kerajaan dengan kejayaan mencapai seperempat dari nilai total perekenomian di dunia. Kekayaan itu ia dapat dari kekuasaan penuhnya atas Dinasti Mughal dan memiliki 25% dari total Produk Domestik Bruto dunia pada saat itu. Dibawah pemerintahannya, ekonomi India berubah total.

Negara tersebut menjadi salah satu negara yang tidak hanya mengekspor rempah-rempah melainkan juga menentukan harga rempah-rempah tersebut. Konon, dimasa itu rempah-rempah dikenal sebagai komoditas unggulan dunia. Beberapa ahli sejarah juga menyebut bahwa kekayaan Akbar I kala itu setara dengan kekayaan Ratu Elizabeth. Raja Akbar disebut-sebut mampu menciptkan perekenomian yang baik serta mensejahterakan hidup rakyat India.

Nah itu tadi daftar nama orang terkaya sepanjang sejarah manusia. Tidak cuma Mansa Musa lho yang dikenal sebagai orang terkaya diseluruh penjuru dunia. Tapi untuk Anda yang masih ingin mengetahui informasi seputar Mansa Musa, bisa membuka laman situs https://www.cekaja.com/info/mansa-musa-orang-paling-tajir-melintir-yang-bagi-bagi-emas/ untuk mengetahui sejarah hingga jumlah kekayaan yang dimiliki Mansa Musa.

Tinggalkan Balasan