Jadi Korban Pencemaran Lingkungan, Perut Ikan Pari Ini Ditemukan Botol Hingga Kamera

Ikan pari jadi korban pencemaran lingkungan

Telah ditemukan banyak bukti bahwa bumi sudah mulai rusak, terutama disebabkan oleh barang-barang yang tidak bisa terurai alami oleh alam. Maka dari itu, gerakan selamatkan bumi juga sudah mulai digerakkan, mulai dari mengurangi sampah plastik, menggunakan tumbler, hingga tas ramah lingkungan, yang ternyata semua hal itu disambut baik juga oleh masyarakat. Sehingga banyak dari mereka yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun bisnis ramah lingkungan.

Pasalnya, sampah plastik dan sampah lainnya yang mencemari lingkungan, akan berdampak buruk bagi ekosistem lingkungan. Sebut saja para ikan di laut yang banyak menjadi korban dari dampak tersebut, seperti ikan pari malang yang satu ini. Betapa pilunya melihat ikan pari ini mati karena memakan sampah dari ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Setelah perut bangkai ikan pari itu dibelah, ternyata ikan pari naas itu menelan barang-barang yang tidak bisa dicerna oleh tubuhnya. Bayangkan saja, ia menelan bulat-bulat sebuah buku, sebungkus rokok, botol kaca kosong, hingga kamera digital.

Belum diketahui secara jelas di mana kejadian ini terjadi, namun buku yang di temukan di dalam perut ikan pari ini bertuliskan huruf dengan menggunakan bahasa Mandarin. Adanya berita ini pun membuat siapa saja yang melihatnya merasa kasihan dan geram atas perilaku manusia yang tak bertanggung jawab.

Baca Juga: Sedotan Stainless Steel Jadi Tren Sekaligus Alternatif Pengganti Sedotan Plastik

Maka dari itu berbagai upaya untuk mengurangi dampak negatif ini harus bisa digerakan seluruh negara di dunia. Untuk Indonesia sendiri yang juga termasuk dalam negara penyumbang sampah plastik terbesar juga harus ikut berpartisipasi.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa banyak masyarakat yang memanfaatkan gerakan ramah lingkungan ini sebagai kesempatan baik, untuk berwirausaha dengan membangun bisnis ramah lingkungan. Tidak hanya menguntungkan untuk bumi, hal tersebut juga bisa menguntungkan untuk Anda, bahkan bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah.

Jika kita menlihat kilas balik zaman dahulu, bisnis ramah lingkungan memang dijauhi karena dianggap mahal dan tidak efisien. Namun, tumbuhnya kesadaran konsumen terhadap lingkungan membuat produk- produk ramah lingkungan punya pasar tersendiri. Bagi kamu yang berencana membuat bisnis, sejumlah ide ini mungkin menarik untuk dipertimbangkan. Berikut ini daftar bisnis ramah lingkungan yang bisa dicoba:

1. Kerajinan daur ulang

Bisnis kerajinan dari bahan daur ulang sangat dihargai di luar negeri. Dan, di Indonesia, bisnis seperti ini pun mulai memiliki pasarnya sendiri. Ke depannya, bisnis ini diprediksi akan berpeluang tumbuh semakin besar.

Keunggulan bisnis kerajinan dari bahan daur ulang adalah bahannya yang murah dan mudah diperoleh. Bahan yang digunakan bisa diambil dari botol plastik bekas, kertas bekas atau kain bekas yang bisa disulap menjadi aneka pernak-pernik cantik dan menarik.

2. Pabrik limbah plastik

Bisnis yang satu ini, memang belum banyak dilirik oleh pelaku UKM di Indonesia. Padahal, prospek bisnis ini cerah karena permintaan pabrik plastik akan limbah cukup tinggi. Harga jual limbah plastik berupa bubuk juga cukup mahal.

Sekilo bubuk limbah plasrtik dihargai Rp 8.000 hiongga Rp 9.000. Nah, untuk memulai bisnis ini dibutuhkan dua hal: mesin penghancur plastik dan lahan untuk menampung dan menjemur limbah plastik. Untuk mesin harganya berfariasi antara Rp 200 juta hingga Rp 250 juta.

Tidak hanya bisnis kerajinan daur ulang dan pabrik limbah plastik, masih ada tiga ide bisnis ramah lingkungan lainnya yang bisa Anda coba. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silangkah klik link di bawah ini:

https://www.cekaja.com/info/bisnis-ramah-lingkungan-ini-untungnya-bisa-bikin-kamu-adem/

Tinggalkan Balasan